Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 14 April 2011

Yip Man Dari Foshan, Guru Besar Bruce Lee


Pasti Teman-Teman Sudah Tidak Asing Lagi Dengan Film Ipman I Dan Ipman II Yang Dibintangi Oleh Aktor Terkenal, Donny Yen. Namun Tahukah KamuSosok Ip Man Yang Sebenarnya?


DVD Cover Ip Man
Yip Man lahir pada tahun 1898 di kota Fushan di kabupaten Namhoi, Provinsi Kwangtung, di Tiongkok Selatan, seorang anak dari sebuah keluarga pedagang kaya. Keluarga Yip Man mengijinkan master Chan Wah Shun, seorang jago silat aliran Wing Chun, untuk hidup dan mengajar sekelompok kecil murid-murid di kuil keluarga, karena reputasi master Chan sebagai seorang pesilat yang menghalau pencuri dan penyamun yang menyerang bisnis keluarga. Pada umur 9 tahun akhirnya Yip Man menjadi murid master Chan Wah Sun.
Pada satu kesempatan Yip berani untuk
pergi menantang seorang master kungfu tua yang bekerja di perusahaan sutra. Pria itu berusia 50-an dan sangat eksentrik. Yip Man menemui orang tersebut, Yip pertama-tama mengeluarkan seluruh jurus Siu Lim Tao dari Wing Chun. Setelah itu orang tua itu setuju untuk sebuah pertandingan, Yip segera menyerang orang tua itu dan mendapati dirinya tercebur ke perairan Hongkong Bay.
Setelah berulang kali mencoba dan mengulangi serangan-serangan, tak ada satu pun yang mengenai sasaran. Yip Man pun akhirnya ingin belajar dari orang tua itu. Yip Man segera tahu bahwa lelaki tua itu adalah Leung Bik. Leung Bik menjelaskan perbedaan dalam Wing Chun yang diajarkannya dibandingkan gaya Shun Chan dan mulai mengajar Yip Man sebagai seorang murid.
Yip Man dan Leung Bik belajar bersama selama dua setengah tahun. Yip Man kembali ke Fushan dan berkata kepada seniornya tentang lelaki tua itu bahwa ia telah bertemu. Ketika seniornya mengejek dia, Yip Man menantang mereka dan mengalahkan mereka dengan pengetahuan barunya. Yip Man tinggal di Fushan di mana ia terlibat dengan polisi dan mengangkat nama keluarga. Yip Man Pada tahun 1948 melarikan diri ke Hong Kong selama Revolusi oleh Jepang.
Di Hong Kong, menjadi seorang tunawisma dan tidak punya uang, Yip Man diberikan perlindungan dan bekerja di sebuah restoran. Yip Man mengamati instruktur (Leung Sheung) yang mengajar suatu kelas di restoran tersebut. Leung Sheung pada waktu itu seorang praktisi kung fu Bak Mei. Setelah mengamati kelas selama beberapa waktu, Yip Man mendemonstrasikan keterampilan Wing Chun-nya pada Leung Sheung. Yip Man pun menjadikan Leung Sheung sebagai murid pertama di Hong Kong. Setelah ini Yip Man mulai mengajar Wing Chun ke Asosiasi Pekerja Restoran. Yip Man akhirnya pindah tempat pengajaran.
Image and video hosting by TinyPic
Yip Man dan Bruce Lee
Image and video hosting by TinyPic
Berlatih bersama
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Yip Man dan Bruce Lee
Image and video hosting by TinyPic
Kelas Kungfu Yip Man
Pada Waktu itu juga sebelum kematiannya. Ia memutuskan untuk membuat film 8 mm tentang “Teknik Wooden Dummy’ Untuk meninggalkan warisan tentang teknik yang benar kepada anak dan cucunya. Ketika menonton versi asli film ini dapat terlihat dengan jelas bahwa Yip Man menggunakan kekuatan terakhir kekuatannya untuk menfilmkan teknik dummy-nya. Selama waktu ini, dia masih terus pergi ke rumah teh atau makan keluar di malam hari dengan murid-muridnya.
Anak kecil di film IP MAN 1, yang imut-imut dan lucu itu, adalah anak kecil yang dideskripsikan sebagai anak pertama dari Yip Man. Inilah sosok anak itu sekarang, Yip Chun, anak tertua dari Yip Man, Sebagai pewaris Wing Chun dari sang ayah, Yip Chun ingin melestarikan orisinalitas teknik Wing Chun dalam keluarganya.
Image and video hosting by TinyPic
Donnie Yen dan Yip Chun
Yang nonton IP MAN 2 pasti tahu anak yg lahir dan diberi Nama Yip Ching. Itulah dia deskripsi anak kedua dari Yip Man. Yip Ching adalah anak terakhir dari Yip Man dan adik dari Yip Chun, Sekaligus Pewaris Aliran WIng CHun Saat ini.
Image and video hosting by TinyPic
Yip Ching
Begitulah cerita nyata seorang Yip Man yang diangkat kembali dalam film Ip Man

1 komentar:

Dwi Utomo mengatakan...

Informasinya bagus mas

Posting Komentar

terimakasih sudah membaca,,
Berikan komentar anda di bawah postingan ini...

terimakasih sudah mengunjungi,,,, jangan lupa follow dan like fb sersan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger